Mengejutkan Nama Najib Razak Masuk Dalam Kasus Penerimaan Dana 1MDB

Mengejutkan Nama Saudara Najib Razak Masuk Dalam Kasus Penerimaan Dana 1MDB

  • October 8, 2019

Berita Terbaru – Pemerintah Malaysia menjatuhkan sangsi denda pada saudara lelaki bekas perdana mentri Najib Razak yang didakwa ikut terima dana negara dalam skandal 1MDB. Denda dijatuhkan pada puluhan puluhan individu dan perusahaan, dengan nilai denda keseluruhan sebesar 420 juta ringgit Malaysia atau Rp 1,4 triliun.

Mengejutkan Nama Najib Razak Masuk Dalam Kasus Penerimaan Dana 1MDB

Tidak hanya Nazir Razak, yang disebut bekas ketua bank CIMB, bank paling besar ke-2 Malaysia, denda pada individu dijatuhkan pada Shahrir Abdul Samad, bekas ketua tubuh minyak sawit negara Felda. Penyelidik dari Malaysia serta AS menjelaskan, seputar 4,5 miliar dolar AS (lebih dari Rp 63 triliun) sudah disalahgunakan dari 1Malaysia Development Berhad (1MDB), yang dibangun pada 2009 oleh bekas perdana mentri Najib Razak.

Najib, yang kalah dalam pemilu tahun kemarin, sekarang hadapi beberapa puluh dakwaan korupsi serta pencucian uang. Ia didakwa sudah terima seputar 1 miliar dolar AS (seputar Rp 14 triliun) dalam dana 1MDB. Semua dakwaan itu dibantah oleh Najib Razak. Kepala Komisi Anti-Korupsi Malaysia (MACC) Latheefa Koya menjelaskan, sangsi denda pada keseluruhan 80 entitas itu dijatuhkan untuk mendapatkan kembali uang negara sebesar 420 juta ringgit Malaysia atau Rp 1,4 triliun.

“Kami sudah keluarkan pemberitahuan majemuk pada kebanyakan orang serta entitas ini supaya mereka membayar denda,” kata Latheefa. Mereka yang dijatuhi sangsi itu bisa diberi hukuman membayar denda sampai 2,5 kali lipat dari jumlahnya dana yang diterima.

Saudara Najib Razak, yaitu Nazir Razak disebutkan sudah terima cek seputar 25,7 juta ringgit Malaysia (seputar Rp 86,8 miliar) dari 1MDB. Tidak hanya individu, dana dari 1MDB sudah dialirkan pada perusahaan, parpol, sampai organisasi yang mempunyai hubungan dengan Najib.

“Itu tidak keseluruhnya, kami mempunyai semakin banyak,” kata Latheefa, memberikan tambahan jika penyidikan sudah dibuka untuk 80 entitas serta individu. Latheefa menjelaskan, mereka yang direncanakan dalam penyidikan yang diperluas mempunyai dua minggu untuk membayar denda atau hadapi peluang penuntutan. Penyidikan pada skandal 1MDB kembali dibuka sesudah Pertama Menteri Mahathir Mohamad memenangi pemilu tahun kemarin.

Hasil penyidikan sudah menyeret sampai beberapa puluh petinggi tinggi serta ajukan penyitaan dalam usaha memulihkan uang negara yang sudah disalahgunakan. Bekas PM Najib diamankan tahun kemarin sesudah kehilangan kekuasaan, serta hadapi beberapa puluh dakwaan berkaitan skandal 1MDB.

Semenjak 2016, Departemen Kehakiman AS sudah ajukan tuntutan hukum atas asset sejumlah 1,7 miliar dolar AS (seputar Rp 24 triliun) yang disangka dibeli memakai dana 1MDB yang dicuri, terhitung jet pribadi, real estat, serta perhiasan. Bulan Mei lalu, AS sudah mulai kembalikan dana seputar 200 juta dolar AS (seputar Rp 2,8 triliun) yang sukses dipulihkan lewat penjualan asset yang diambil alih pada pemerintah Malaysia.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*