Penasaran Bagaiman Sih Cara Kerja Teknologi QR Code

Penasaran Bagaiman Sih Cara Kerja Teknologi QR Code ?

  • November 7, 2019

Berita Terbaru – Di jaman serba canggih seperti sekarang ini memang membuat manusia selalu berusaha menghasilkan sebuah karya yang luar biasa. Salah satu teknologi yang bisa di bilang sangat efektif dan efesien di era moderen ini adalah Kode QR. Kode QR tampilkan beberapa info lewat kode grafis pixel hitam serta putih. Kode QR sendiri adalah barcode yang sudah ditingkatkan. Dalam kata lain, barcode ialah satu dimensi dan kode QR adalah dua dimensi.

Penasaran Bagaiman Sih Cara Kerja Teknologi QR Code

Itu artinya, info dari kode QR dikatakan dengan membaca tempat horizontal serta vertikal pixel, tidak cuma tempat horizontal. Karena itu, manusia juga bisa men-decode beberapa bagian dari kode QR serta mengartikan didalamnya dengan manual walau memerlukan waktu.

Kode QR dipandang kuat serta bertahan lama dengan kemampuan serta keakuratan yang semakin besar dibanding barcode. Hal tersebut menggerakkan instansi pemerintah serta non-pemerintah untuk memakai kode QR pada dokumen perjalanan, paspor, sampai lisensi. Kode QR banyak juga dipakai dalam iklan untuk sediakan tautan cepat ke situs atau unduhan aplikasi.

Dikutip situs Make Tech Easier, komponen kode QR yang paling mencolok dengan visual ialah blok persegi yang dipakai untuk mengarahkan kode saat dipindai. Ini sangat mungkin kode dipindai di tiap tujuan, terhitung dalam tempat terbalik. Dalam kode QR tentu ada formasi empat blok (tiga di semasing pojok serta satu di kanan bawah) yang sangat mungkin kode untuk ditranslate secara benar.

Kode QR dikelilingi oleh ruang ruangan putih yang disebutkan “quiet zona” yang menolong pembaca temukan pinggir kode. Kode QR mempunyai beberapa ukuran. Kode QR paling besar memiliki ukuran 177 x 177 serta berisi sekitar 1.264 ciri-ciri teks ASCII (American Standar Code for Information Interchange). Ukuran kode QR yang paling umum dipakai sebesar di antara 29 x 29 serta 33 x 33 dengan seputar 50 ciri-ciri ASCII.

Kode QR dibaca dari pojok kanan bawah dengan pixel berisi satu byte per 8 pixel. Skema bit yang dipertunjukkan tergantung pada bagaimana kode QR dikodekan. Skema empat bit di kanan bawah kode QR sendiri memastikan bagaimana bit akan ditranslate.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*