Instagram Mulai Perketat Aturan Konten Palsu

Instagram Mulai Perketat Aturan Konten Palsu

  • January 15, 2020

Berita Terbaru – Instagram disampaikan telah mulai lakukan penyisiran pada beberapa konten palsu ( hoax) di platformnya. Penyisiran mengarah bermacam gambar yang tidak cocok aslinya atau diakali memakai aplikasi ubah photo. Ini didapati dari satu posting Instagram yang diupload oleh account MIX Society yang nyatanya terserang “razia” Instagram karena ditunjuk jadi photo hoax.

Instagram Mulai Perketat Aturan Konten Palsu

Photo yang diikuti Instagram jadi “upload yang tidak tepat” ini dijumpai oleh seorang photografer profesional, Toby Harriman saat terhubung linimasa. Upload itu memvisualisasikan figur seorang pria yang tengah berdiri serta melihat beberapa bukit berwarna bak pelangi. Berikut penampakannya.

Awalannya upload ini waktu tampil di linimasa Toby dalam kondisi tertutup dengan penampilan berwarna hitam tertulis “False Information”. Photo ini dapat disaksikan Toby dengan mengeklik menu “See post”. Photo itu sempat dipandang palsu oleh Instagram sebab memvisualisasikan panorama dengan warna yang sudah diakali.

Faktanya bisa saja sebab gambar asli dengan panorama tidak akan berwarna seperti kelihatan dalam photo itu. Ini juga memunculkan pertanyaan, apa photo yang diedit memakai aplikasi ubah photo, contohnya seperti Adobe Photoshop, akan dipandang palsu oleh Instagram?

Sayangnya, jawaban dari pertanyaan itu belum dapat didapati, terkecuali Instagram memaparkan kebijaksanaannya lebih jelas berkaitan upload yang dipandang hoax, berikut langkah kerja beberapa pengecek bukti (fact checkers). Tetapi, menurut Toby, Instagram disebutkan sedikit terlalu berlebih jika memang mereka memandang photo yang diperuntukkan untuk mengonsumsi seni jadi hoax serta ujung-ujungnya tidak dapat dipamerkan dengan jelas di Instagram.

Telah diperkirakan semenjak tahun kemarin
Awalnya, faksi Instagram sudah mencanangkan kebijaksanaan penandaan content ini semenjak tahun kemarin. Hal tersebut dikerjakan untuk melawan peredaran hoax di basis garapan Facebook ini. Faksi Instagram, dengan pertolongan fact checkers faksi ke-3, nanti akan mengidentifikasi photo serta video yang diindikasi hoax dengan memburamkannya agar tidak dapat disaksikan oleh pemakai lain.

Satu cap ikut disematkan untuk memberitahu pemakai jika posting berkaitan berisi info ngawur, berikut tombol “See Why” yang dapat di-click untuk lihat fakta kenapa posting itu diikuti jadi hoax. Walau masih dapat disaksikan dengan mengeklik tombol “See post”, content itu tidak bisa dicari karena tidak tampil di halaman “Explore” serta “Hashtag”, seperti dirangkum wartawan dari PetaPixel, Rabu (15/1/2020).

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*