Penasaran Bagaimana Sih Sebenarnnya Cara Kangguru Melompat

Penasaran Bagaimana Sih Sebenarnnya Cara Kangguru Melompat

  • February 13, 2020

Berita Terbaru – Kanguru adalah mamalia besar asal Australia yang mempunyai kantung untuk bawa anaknya. Disamping itu, kanguru populer dengan lompatannya. Mereka benar-benar pakar melonjak. Dalam sekali melonjak, kanguru dapat bergerak sejauh delapan mtr.. Tidak bingung, mereka dapat tempuh jarak 50 km. cuma dalam tempo satu jam. Menurut beberapa pakar, kanguru melonjak jadi bentuk penyesuaian dengan lingkungan supaya bisa bertahan hidup. Semenjak kapan kanguru melonjak serta untuk apa?

Penasaran Bagaimana Sih Sebenarnnya Cara Kangguru Melompat

Menurut periset dari Kampus Uppsala Swedia Benjamin Kear, kanguru telah melonjak semenjak juta-an tahun kemarin. Ia memperoleh bukti dari fosil langka moyang kanguru yang berumur seputar 20 juta tahun. Dari fosil tulang kaki kanguru yang diketemukan di Riversleigh, barat laut Queensland, Australia, sepupu kanguru kekinian yang telah punah itu bisa melonjak, bergerak dengan empat kaki, hingag memanjat pohon. Kear awalannya menyangka, kanguru melonjak supaya bisa selamat dari perkembangan iklim.

Kanguru purba cari lingkungan yang lebih kering serta mempunyai padang rumput dengan melonjak. Tetapi dalam laporan yang keluar di jurnal Royal Society Open Science edisi Januari 2019 memperlihatkan, tenggang ukuran lompatan dari sepupu kanguru yang telah punah itu sama juga dengan kanguru kekinian yang hidup sekarang. “Semua menunjuk hewan itu sukses menyesuaikan dengan lingkungan, barisan habitatnya, serta ekosistem. Kanguru salah satu hewan paling unik serta mengagumkan dengan biologis yang dapat Anda dapatkan,” kata Kear.

Nah, selanjutnya seputar 30.000 tahun kemarin, ada juga kanguru yang bergerak dengan berjalan. Menurut riset yang dikerjakan Brown University, Amerika, kanguru yang hidup 30.000 tahun kemarin mempunyai tinggi sampai 2 mtr. serta berat 240 kg. Ukuran itu didapatkan pakar sesudah pelajari pinggul, lutut, serta tulang kanguru dibagian sendi pergelangan kaki. Dari fosil tulang yang ditelaah, diketemukan kanguru itu lebih senang berjalan dibandingkan melonjak. Beberapa pakar menyangka, ukurannya yang besar sekali membuat kanguru susah bergerak dengan melonjak.

Mereka berjalan dengan dua kaki belakang serta memakai ekor jadi “kaki” penambahan, tetapi kecepatannya lamban. Kanguru ang dapat berjalan ini pada akhirnya harus punah serta tidak dapat bertahan hidup. Lain dengan kanguru yang bergerak dengan melonjak. Pakar menyangka, kepunahan kanguru raksasa ini sebab mereka begitu lamban dalam bergerak hingga tidak dapat membuat perlindungan diri dari pemangsa.

Rahasia lompatan kanguru
Rahasia lompatan kanguru ada di kaki belakangnya. Kanguru mempunyai kaki belakang yang besar, benar-benar kuat, serta elastis. Setiap saat ia melonjak, otot kaki belakang simpan daya cadangan yang siap digunakan untuk lompatan setelah itu. Waktu melonjak, ke-2 kaki belakangnya kerja bersama serta menggerakkan badan kanguru hingga sampai jarak yang jauh.

Dikutip How Stuff Works, bila dilihat jari-jari pada kaki belakang kanguru tidak simetris. Terlihat seperti ada satu jari yang lebih mencolok serta besar dibandingkan jari lain. Jari yang besar ini ialah pusat dari tindakan lompatan kanguru. Tulang kaki kanguru sejajar dengan jari besar itu, yang memungkinkannya untuk menggerakkan kaki lebih jauh. Bukan hanya kaki belakangnya, lompatan jauh kanguru dibantu oleh ekornya. Ekor kanguru yang berperan jadi keseimbangan, mempunyai tulang yang besar, kuat, serta mempunyai 20 ruas tulang.

Ekor itu dapat menyokong serta menggerakkan pergerakan lompatan kanguru yang cepat. Waktu melonjak, ekor barusan diayunkan seperti menggerakkan kaki belakangnya hingga berlangsung lompatan yang jauh. Saat memburu makanan, seperti rumput-rumputan, pada saat-saat khusus dia akan mengusung kaki belakangnya. Selanjutnya memakai ekornya jadi tiang penyangga badan.

Lantas kaki depannya berperan untuk apa? Kaki depannya berperan jadi lengannya, yang bekerja untuk ambil makanan.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*